TK IT Harapan Bunda, mengacu pada standar mutu sekolah Islam terpadu, dan Standar Nasional pendidikan, yang kami sesuaikan dengan situasi dan kondisi di KB – TK IT Harapan Bunda.
Kelompok A
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
Aqidah
|
Menyebut
dan membedakan ciptaan Allah dan buatan manusia
Mengimani
adanya Allah dan malaikat
Mengimani hari kiamat
Mengimani takdir Allah
Mengenal
10 malaikat beserta tugasnya
Menghafal 50 Asma’ul Husna
|
Ibadah
|
Mengenal tata cara wudhu
Berlatih melaksanakan sholat dan melafadzkan
bacaannya
Mengenal bacaan adzan dan iqomah
Berlatih puasa pada bulan Ramadhan
Pembiasaan berinfaq
Berlatih membayar zakat
Berlatih manasik haji
|
Akhlaq
|
Memiliki
kecerdasan diri yang baik, dengan berkepribadian yang santun, ramah, rendah
hati, jujur dan menghargai orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
Al
Qur’an
|
Membaca
Qiroaty dengan target jilid 1 pada akhir tahun
Semester I Tuntas Pra TK,bacaan pendek,cepat dan tepat (hal 1 – 28)
Semester II Tuntas jilid 1
Bacaan pendek,cepat dan tepat (hal 17-44)
Menghafal
Juz Amma dengan sesuai materi
yang diajarkan
|
Shiroh
|
Mengenal
shiroh tentang kelahiran, keluarga, dan
masa kecil Rosulullah Muhammad saw
Mengenal sahabat Rosululloh
Mengenal sifat Nabi Muhammad SAW
|
Hadits
|
Menghafal
Hadits sesuai materi yang disampaikan
|
Do’a
|
Mempraktekkan
do’a yang dihafal dalam aktivitas harian
Menghafal
do’a sesuai materi yang disampaikan
|
Fisik
Motorik
|
Memiliki
koordinasi gerak tubuh yang baik
Memahami
pola hidup sehat
Mandiri dalam memenuhi kebutuhan pribadi, seperti:
BAK, BAB, memakai baju/sepatu, dan makan
Dapat
mengkoordinasikan kekuatan dan keluwesan jari-jemari (mulai dapat membuat
simbol)
|
Kognitif
|
Berani
menyampaikan ide/gagasan
Memiliki
kreativitas dalam pembelajaran
Muncul
incuiri (Keingintahuan) yang tinggi
Dapat
menyelesaikan masalah sendiri atau orang lain
Mengenal
ukuran (besar-kecil, tipis-tebal, panjang-pendek, berat-ringan)
Mengenal
bangun datar
Mengenal warna-warna sederhana
Mengenal
lambang bilangan 1-10
Mengenal
dan memahami operasi penjumlahan dan pengurangan (1-10), baik dengan benda
|
Bahasa
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang selalu berkembang, baik Bahasa Indonesia, Arab dan
Inggris sesuai materi yang diajarkan
Memiliki
ketrampilan menyimak/mendengarkan dengan baik
Berani
mengungkapkan pendapat pada orang lain
Mulai
dapat membaca
Mulai
dapat membuat simbol tulisan
Gemar
membaca sesuai tahapannya
|
Sosial
Emosional
|
Dapat
bekerja sama dengan orang lain
Suka
berbagi dan mulai “itsar” (mendahulukan orang lain)
Memiliki
kecerdasan emosi yang baik dengan mengekspresikan diri secara wajar
Senang
bermain dengan teman dan bersemangat ke sekolah
|
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
Aqidah
|
Menyebut
dan membedakan ciptaan Allah dan buatan manusia
Mengimani
adanya Allah dan malaikat
Mengimani hari kiamat
Mengimani takdir Allah
Mengenal
10 malaikat beserta tugasnya
Menghafal 99 Asma’ul Husna
|
Ibadah
|
Mengenal tata cara wudhu
Berlatih melaksanakan sholat dan
melafadzkan bacaannya
Mengenal bacaan adzan dan iqomah
Berlatih puasa pada bulan Ramadhan
Pembiasaan berinfaq
Berlatih membayar zakat
Berlatih manasik haji
|
Akhlaq
|
Memiliki
kecerdasan diri yang baik, dengan berkepribadian yang santun, ramah, rendah
hati, jujur dan menghargai orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
Al
Qur’an
|
Membaca
Qiroaty
dengan target jilid 2 pada akhir tahun
Semester I tuntas jilid 2 awal,bacaan benar dan
teliti(hal. 1-22)
Semester II Tuntas jilid 2, bacaan benar dan teliti(
Hal.23-44)
Menghafal
Juz Amma sesuai materi yang diajarkan
|
Shiroh
|
Mengenal
shiroh tentang Rasul Ulul Azmi
Mengenal shiroh sahabat Nabi (Khulafaurrasyidin)
|
Hadits
|
Menghafal
Hadits sesuai materi yang diajarkan
|
Do’a
|
Mempraktekkan
do’a yang dihafal dalam aktivitas harian
Menghafal do’a sesuai yang diajarkan
|
Fisik
Motorik
|
Memiliki
koordinasi gerak tubuh yang baik
Memahami
pola hidup sehat
Mandiri
dan terampil dalam memenuhi kebutuhan pribadi, seperti: BAK, BAB, memakai
baju/sepatu, dan makan
Terampil
dalam mengkoordinasikan kekuatan dan keluwesan jari-jemari (lancar membuat
simbol)
|
Kognitif
|
Menyampaikan
ide/gagasan
Memiliki
kreativitas dalam pembelajaran
Muncul
incuiri (Keingintahuan) yang tinggi
Dapat
menyelesaikan masalah sendiri atau orang lain
Mengenal
ukuran (besar-kecil, tipis-tebal, panjang-pendek, luas-sempit, berat-ringan)
Mengenal
bangun datar dan bangun ruang
Mengenal
minimal 11 warna
Mengenal
lambang bilangan 1-20
Mengenal
dan memahami operasi penjumlahan dan pengurangan (1-20), baik dengan lambang
bilangan ataupun dengan benda
|
Bahasa
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang selalu berkembang, baik Bahasa Indonesia, Arab dan
Inggris sesuai yang diajarkan
Memiliki
ketrampilan menyimak/mendengarkan dengan baik
Berani
mengungkapkan pendapat pada orang lain
Dapat
membaca dengan lancar
Dapat
membuat simbol tulisan dengan baik
Gemar
membaca
|
Sosial
Emosional
|
Dapat
bekerjasama dengan orang lain
Suka
membantu/menolong
Memiliki
kecerdasan emosi yang baik dengan mengekspresikan diri secara wajar
Senang
bergaul dan bersemangat ke sekolah
|
TKIT Kelompok A
SEMESTER
1
|
SEMESTER
2
|
A. Surat
|
|
3.
Al
Fatihah
|
4.
An Nashr
|
5.
Al Ashr
|
6.
Al Kautsar
|
7.
Al Ikhlas
|
8.
Al Quraisy
|
9.
An Naas
|
10.
Al Fiil
|
B. Hadits
|
|
6.
Puasa
|
7.
Persaudaraan
|
8.
Kebaikan
|
9.
Menyebar Salam
|
10.
Kasih Sayang
|
11.
Menghormati Tamu
|
12.
Adab Makan
|
13.
Belajar Al Qur-an
|
14.
Larangan marah
|
15.
Malu
|
16.
Berkata yang Baik
|
17.
Kewajiban Bersyukur
|
18.
Tersenyum itu Shadaqah
|
19.
Agama itu Nasihat
|
20.
Kebersihan
|
21.
Menuntut Ilmu
|
C. Do’a
|
|
6.
Sebelum Makan
|
7.
Mau Tidur
|
8.
Selesai Makan
|
9.
Bangun Tidur
|
10.
Sebelum Belajar
|
11.
Kebaikan Dunia Akhirat
|
12.
Kedua Orang Tua
|
13.
Mohon Kesehatan
|
14.
Penutup Majelis
|
Do’a keluar rumah
|
15.
Mohon Kecerdasan
|
Do’a naik kendaraan
|
D. Asma’ul Husna
|
|
3.
Ar Rahmaanu – Al Mudzillu ( 1 – 25)
|
4.
As Samii’u – Asy Syahiidu (26 – 50)
|
Kelompok
B
Semester
I
|
Semester
II
|
A. Surat
|
|
1.
Al
Falaq
|
1.
Al
Maa’uun
|
2.
Al
Lahab
|
2.
Al
Humazah
|
3.
Al
Kafirun
|
3.
At
Takatsur
|
B. Hadits
|
|
1.
Mahir
Membaca Al Qur’an
|
1.
Keutamaan
Sholat, Sedekah dan Sabar
|
2.
Anjuran
Silaturahim
|
2.
Kunci
Surga
|
3.
Menyayangi
yang Kecil
|
3.
Larangan
Membenci
|
4.
Menunjukkan
Kebaikan
|
4.
Ridho
Allah bersama Ridho Orang Tua
|
5.
Mengasihi
yang di Bumi
|
5.
Rukun
Islam
|
6.
Puasa
menjadi Syafaat
|
6. Larangan
Mencela
|
7.
Sifat
Rasul
|
|
C. Do’a
|
|
1.
Masuk
Rumah
|
1.
Bercermin
|
2.
Berpakaian
|
2.
Masuk
Masjid
|
3.
Melepas
Pakaian
|
3.
Keluar
Masjid
|
4.
Masuk
Kamar Mandi
|
4.
Turun
Hujan
|
5.
Keluar
Kamar Mandi
|
5.
Mendengar
Petir
|
6.
Berbuka
Puasa
|
|
D. Asma’ul Husna
|
|
Al Haqqu –
Azh Zhaahiru ( 51 – 75)
|
Al Baathinu
– Ash Shabuuru (76 – 99)
|
0 komentar:
Posting Komentar